Komponen – Komponen Visual BASIC dan penjelasan nya

 Komponen – Komponen  Visual BASIC dan penjelasan nya yang pertama adalah :

A. Menu Bar.

Di dalam menu bar visual basic Menampilkan daftar menu yang berisi daftar perintah-perintah yang dapat
digunakan saat bekerja pada Visual BASIC. Terdiri dari menu File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window dan
Help.
  untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini :






B. Toolbar.

Digunakan untuk mengakses perintah-perintah dalam menu yang sering dipakai secara cepat.Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini :




C. Toolbox.

Merupakan daftar komponen-komponen yang dapat digunakan untuk mendesain tampilan program aplikasi yang akan dibuat. untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini :

D. Project Explorer.

Menampilkan daftar form dan module yang ada dalam project yang sedang aktif. untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini :

E. Property Window.

Digunakan untuk mengatur properti dari komponen-komponen yang sedang diaktifkan. Property merupakan karakteristik dari sebuah objek. Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini :


F. Form Designer.

Merupakan jendela yang digunakan untuk melakukan perancangan tampilan dari aplikasi yang akan dibuat. Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini :

G. Code Window.
Merupakan jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program. Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini : 












Pada pemrograman Visual BASIC, form digunakan sebagai komponen utama untuk mendesain tampilan program. Secara umum sebuah komponen/objek dalam Visual BASIC memiliki 3 karakteristik utama yaitu:
  • Properti
  • Event
  • Metode
1. Properti.

Properti Adalah karakteristik yang melekat pada sebuah objek yang menunjukkan ciri /karakteristik suatu objek. Misalnya BackColor menunjukkan warna latar belakang, Font menunjukkan jenis dan ukuran font yang digunakan, dan sebagainya. Pengaturan properti suatu objek dapat diatur dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan mengatur komponen melalui Property Window. Cara kedua adalah dengan memberi baris program pada Code Window dengan urutan penulisan sebagai berikut:


2. Event.
















3. Metode (Method).

Adalah prosedur yang dikerjakan pada satu objek. Metode merupakan suatu tindakan di mana objek dapat di bentuk Contoh : Form1.Cls

Keterangan : Perintah ini digunakan untuk membersihkan form.

Program I
Mendesain Form
Setelah tampilan utama Visual BASIC 6.0 muncul pada layar monitor, Ubah properti form1 melalui Property Window dengan urutan. Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Menuliskan Program.





Itu lah Komponen – Komponen  Visual BASIC dan penjelasan nya mudah-mudahan dapat di pahami dan di pelajari teman.



Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang : Komponen – Komponen Visual BASIC dan penjelasan nya. Jangan lupa yah kritik saran nya karna itu sangat berguna. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya karena blog ini di lindungi OLEH : DCMA kita sesama blogger harus saling mendukung bukan saling menyingkirkan salam blogger.

:: Get this widget::

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar "Komponen – Komponen Visual BASIC dan penjelasan nya", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

BACA SEBELUM KOMENTAR

Komentar diblog saya ini dimoderasi, silahkan berkomentar sesuai dengan materi dari artikel yang anda baca, jika ada pertanyaan atau sekedar mau menanggapi pembahasan tidak usah mencantumkan alamat blog saudara karena blog ini sudah dofollow. jika komen anda tidak muncul berarti saya anggap spam.