Penjelasan Backlink dan Pagerank terlengkap | Rahasia lengkap menjadi master seo.


Pagerank dan backlink
Pagerank dan backlink

Rahasia lengkap menjadi master seo - Selama ini saya terkonsentrasi pada website tentang Dunia komputer. Pelanggan saya selalu menanyakan tentang tips SEO kata nya Apa itu Backlink ? Pentingkah Backlink Untuk SEO, Pengertian dan Manfaat Backlink Bagi Blog, Pengertian dan Jenis-Jenis Backlink, Pengertian Backlink dan Pagerank. Namun tidak saya tanggapi dengan serius. Alasannya pertama memang saya tidak begitu paham, kedua saya tidak begitu tertarik dengan SEO. Hal ini disebabkan saya belum merasakan betul manfaat SEO, lagi pula menurut saya SEO suatu yang menjadi rahasia perusahaan google. Google hanya memberikan beberapa informasi tentang SEO dan itu sudah saya baca. Tapi saya lihat artikel yang berkembang di blog dan situs yang mengupas tentang SEO berkembang kemana-mana seolah mereka tahu isi mesin google.

baca juga : Apakah External Link Baik Untuk SEO.

Lalu akhir-akhir ini saya mulai serius sedikit mendalami tentang beberapa bagian SEO. Ternyata asik juga. Beneran asik. Maka saya tidak sabar untuk share ke teman-teman disini. Tapi perlu dicatat bahwa tulisan ini adalah hasil pengalaman saya sendiri. Saya tidak pernah kursus SEO kepada orang lain. Sebagai IT saya lebih mendalami pada hal-hal tertentu saja. Jadi jika tulisan saya ini berbeda dengan tips SEO yang pernah dibahas oleh orang lain ya. saya serahkan kepada anda untuk menilainnya sendiri. Tapi semua yang saya tulis disini adalah jujur hasil pengalaman pribadi saya. Okelah mari kita lihat bagaimana ceritanya.

Begini; semua orang pasti ingin situsnya berada pada nomor 1 google. Lalu bagaimana agar situs kita bisa dapat no 1 dalam urutan pencarian di google? Nah itulah inti dari pembahasan SEO. Secara garis besar banyak faktor penyembabnya. Salah satunya adalah dalam memilih nama domain. Khusus tentang cara memilih domain saya telah buat sebuah tulisan khusus, silahkan Klik disini untuk melihat artikel saya. Kemudian faktor lain yang sangat berpengaruh adalah Pagerank situs kita. Oke jadi kita mulai membahas pagerank dulu.

SELUK BELUK TENTANG PAGERANK...!!!

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

A. Pengaruh pagerank.

Pagerank sebuah situs sangat berpengaruh. Misalnya coba anda cari di google “Cara membuat website versi mobie” maka situs saya akan muncul di urutan nomor 1 atau paling tidak di halaman pertama. Padalah tulisan tentang itu banyak. Mangapa situs saya yang dapat urutan atas? Jawabannya karena pagerank situs saya adalah 2 sedangkan pagerank situs orang lain mungkin lebih rendah dari situs saya.

Nah jadi kesimpulannya google akan membuat urutan index pencarian berdasarkan pagerank situs. Situs yang memiliki pagerank paling tinggilah yang akan menempati urutan teratas. Pagerank bisa juga dipahami sebagai tingkat kepercayaan terhadap sebuah situs. Semakin tinggi pagerank maka situs itu termasuk situs terpercaya. Okelah, agap saja anda sudah paham tentang pagerank. Lalu bagaiamana agar sutus anda mendapatkan pagerank tinggi? Nah inilah yang akan kita bahas lebih lanjut.

B. Cara mendapatkan pagerank.

Baik sekarang kita mulai serius. Bagaimana cara mendapatkan pagerank untuk situs anda? Jawabannya ada banyak cara atau banyak faktor yang membuat sebuah situs mendapatkan pagerank. Tapi dari banyak faktor, yang paling berpengaruh atau yang paling populer adalah dengan membuat backlink. Ok saya akan jelaskan dulu tentang backlink.


SELUK BELUK TENTANG BACKLINK...!!!

Backlink adalah sebuah script link yang disusun berisi alamat suatu web/blog, yang dipasangkan kedalam suatu situs tertentu. Kenapa kita harus membangun sebuah backlink? karena backlink sendiri memiliki manfaat untuk menaikkan page rank kita di dalam suatu mesin pencari seperti Google, Yahoo, Ask dll.

Jaringan internet di dunia sering disebut “the web” atau istilahnya jaring laba – laba. Jaring laba – laba ini terbentuk oleh benang – benang yang di buat oleh Sang laba2. Bila semakin besar lebar luas jaring laba – laba tersebut, maka jumlah mangsa yang akan diperoleh semakin besar.

Gambaran itulah yang bisa saya jadikan ilustrasi bagai mana system backlink bekerja di internet. Misalkan website kita kita ibaratkan jaring laba – laba. Sedangkan backlink kita asumsikan benang – benang jaring. Denagan jaringan backlink yang luas maka berbanding lurus dengan status page rank kita. Semakin luas jarinagn backlink kita maka semakin tinggi Pagerank yang kita dapatkan.
Untuk mendapatkan page rank tertentu kita membutuhkan backlink dari page rank tertentu sejumlah [ ... ] backlink. Misalkan kita ingin mendapatkan pagerank 5. Untuk Mendapatkan pagerank 5 membutuhkan backlink dari page rank 3 sebanyak 555 backlink. Untuk Mendapatkan pagerank 5 membutuhkan backlink dari pagerank 6 sejumlah 3 backlink.

A. JUMLAH PENGUNJUNG.

Faktor lainnya adalah jumlah kunjungan. Kembali kita misalkan dengan rumah makan, kalau kita lihat di sebuah rumah makan banyak mobil dan motor parkir pasti kita akan berfikir rumah makan itu bagus walaupun belum pernah ada yang mengarekomendasikan kepada kita tentang rumah makan itu. Jadi kalau situs kita mendapat banyak pengunjung besar kemungkinan akan meningkatkan pagerank. Lalu bagaimana caranya mendapatkan banyak pengunjung? Tentu dengan menyediakan konten yang bermanfaat dan yang banyak dicari orang. Makanya ada istilah “keyword paling dicari”.

Lalu orang berlomba-lomba membuat artikel yang paling banyak dicari orang dengan harapan mendapat banyak kunjungan. Namun semakin banyak dicari orang pasti banyak pula pesaingnya karena situs orang lain juga banyak yang menulis tentang itu. Tapi kalau anda bikin tulisan yang sedikit pesaingnya otomatis sedikit pula peminatnya. Jadi yang terbaik bagaimana? Ya apa adanya aja ga usah pusing nanti malah ga jadi nulis.

B. KONTEN SITUS YANG BAIK.

Idealnya sebuah situs haruslah informatif. Lah iya, emang tujuan dibuatnya situs kan untuk memberikan informasi. Walaupun situs anda hanya untuk jual produk, saran saya harus diperkaya dengan artikel-artikel dan informasi pendukung lainnya seperti gambar, video, peta lokasi dan sebagainya. Inilah yang saya coba terapkan di setiap situs. dimana setiap member yang bergabung di situs tersebut akan dibimbing secara tidak langsung oleh sistem untuk melengkapi fitur-fitur konten yang tersedia. Selain itu konten juga harus uptodate artinya sering-seringlah update tulisan. Mesin google juga akan mengurutkan informasi yang paling barulah yang diperioritaskan daripada konten yang lama. Semakin sering kita mengupdate konten maka sesering itulah mesin boot google mengunjungi situs kita. Ini sangat berpengaruh dalam penilaian google terhadap situs kita.

Dalam membuat konten situs agar pengunjung betah anda harus menyajikannya secara menarik. Belajarlah dari situs berita online dalam menyajikan tulisan. Singkat, padat dan judulnya bikin penasaran. Tidak perlu panjang-panjang, tulisan pendek-pendek yang langsung pada intinya juga banyak peminatnya karena biasanya orang baca artikel di internet tidak ingin berlama-lama kayak baca buku. Anda tidak perlu memikirkan kosakata sesuai ejaan bahasa indonesia yang benar. Menurut saya yang penting bisa dipahami pembaca sudah cukup.

C. JADIKAN SITUS ANDA REFERENSI, JANGAN COPAS.

Saya sangat anti dengan copas (copy-paste) tulisan orang lain. Hal ini akan menyebabkan google akan menurunkan pagerank situs kita. Situs yang isinya banyak copas biasanya tidak akan bertahan lama. Saran saya kalaupun anda ingin mengambil tulisan orang lain sebaiknya dibahasakan ulang dengan bahasa anda sendiri. Jangan langsung copas. Lebih baik anda punya 10 tulisan yang anda buat sendiri dari pada 100 tulisan copas dari situs lain. Semua tulisan di situs ini adalah saya tulis sendiri walaupun inspirasinya dari situs orang lain tapi sudah saya sesuaikan dengan keilmuan yang saya miliki.

Situs yang kontennya original akan dikenal oleh google sebagai situs referensi. Seperti situs berita online, situs instansi pemerintah biasanya menjadi situs referensi karena semua kontennya tidak ada yang copas. Itulah sebabnya mengapa situs pemerintah dan situs berita selalu mendapat pagerank tinggi.

D. TUKARAN BACKLINK.

Banyak orang yang sadar dengan pentingnya backlink. Makanya populer istilah “tukaran backlink” antar situs. Anda bisa mencobanya kalau anda punya teman yang memiliki situs adan bisa saling memasang backlink dengan situs masing-masing. Tapi lihat dulu situs teman anda apakah memiliki pagerank atau tidak. Kalau situs dia tidak memiliki pagerank tidak akan berpengaruh. Carilah situs orang lain bisa membantu anda untuk menitipkan backlink untuk situs anda. Banklick tidak harus berada dihalam depan situs. Bisa saja backlink berada di sebuah tulisan yang dalam tulisan tersebut ada link ke situs kita.

E. DOFOLOW DAN NOFOLOW.

Dofollow merupakan salah satu cara untuk mendapatkan backlink. Sedangkan backlink sendiri adalah salah satu cara untuk menaikkan page rank di mata mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo atau lainnya.

Artinya pemilik blog dofollow akan mengijinkan robot search engine untuk terus mengikuti jejak link komentar. Berbeda dengan blog nofollow, robot search engine tidak akan menelusuri link komentar. Jika kita berkomentar, hanya menguntungkan si pemilik blog, artinya link cuma satu arah.

Ciri-ciri blog dofollow salah satunya mungkin kita pernah melihat blog yang komentarnya puluhan ratusan dalam satu postingan atau bahkan lebih? nah bisa jadi blog tersebut adalah blog dofollow. Kebanyakan blog dofollow terutama yang menggunakan wordpress biasanya menggunakan plugin Comment Luv.

Penulisan sebuah link dofollow dan nofollow  kode html nya seperti ini :

Link seperti ini belum terdefinisikan apakah dofollow atau nofollow. Tapi kalau ditambah seperti ini :
Maka sudah jelas link ini adalah sebuah backlink yang sah. Dan kalau seperti di bawah ini :
Maka ini bukan backlink namanya dan google tidak akan mengikuti link tersebut.

1. keuntungan dari blog dofollow.
  • Mendapat komentar yang banyak, karena bisa mendatangkan backlink bagi blog si komentator.
  • Lonjakan trafik berlipat ganda dan luar biasa.
  • Selalu dikunjungi oleh blogger lain untuk mencari backlink.
  • Blog semakin popular setelah sebelumnya adalah nofollow.
  • Lebih banyak yang follow blog kita atau berlanggangan artikel di blog kita.
  • Pengunjung tetap stabil walaupun jarang update.

2. kerugian dari blog dofollow.
  • Banyak Spam komentar yang masuk.
  • Page Rank blog kita mudah menurun jika antara link keluar (outbound link) dan link internal (inbound link) tidak seimbang.
  • Susah mendapatkan pagerank dari google karena yang dinilai adalah keaktifan kita di blog atau dengan kata lain rajin-rajin untuk update artikel secara berkala dan rutin sehingga memungkinkan pagerank blog kita bisa terjaga dan tidak menurun.
  • Tidak disukai google karena memberikan link keluar yang banyak pada komentar.
  • Jika terdapat komentar yang tidak seperti kategori blog kita bisa dianggap sebagai junk blog.
  • Banyak para blogger beralasan bahwa google akan menghapus atau menurunkan posisi blog dari mesin pencari, bahkan google bisa menghapus sebagian link dari blog DoFollow, hal tersebut dikarenakan jumlah link keluar terlalu banyak dibandingkan dengan link masuk sehingga tidak stabil, maka jangan kaget ketika blog kita tergeser dari halaman SERP google.
  • Apabila kebanyakan link keluar, search engine khususnya google akan agak kesulitan untuk mengindeks halaman posting kita satu persatu.

3. keuntungan dari blog nofollow. 
  • Lebih disukai dan diminati Google dalam hal SEO, sebab mesin google lebih suka jenis blog dalam kategori ini.
  • SEO pun juga akan meningkat.
  • Adanya SPAM komentar lebih minimal.
  • Jika ada yang berkomentar, kebanyakan mereka berkomentar bukan karena backlink tapi karena artikel kita.
  • Tidak banyak dianggap sebagai JunkBlog oleh Google.
  • Page Rank Blog kita cenderung murni dan stabil.
  • Rank Blog seperti Alexa biasanya stabil dan meningkat.
  • Lebih cenderung terlindung dari Google Panda, karena trafik blog lebih stabil dan aman.
  • Lebih menantang untuk berkualitas dalam penulisan artikel.
  • Keluar masuknya link lebih seimbang.
  • Aman dari spammer yang mencoba untuk asal-asalan dalam mencari backlink.

4. kerugian dari blog nofollow.
  • Jumlah komentar pada artikel kita tergantung dari kualitas artikel kita karena blog nofollow cenderung sedikit dalam hal komentar.
  • Peningkatan Page Rank yang kurang cepat, karena masalah Peningkatan Page Rank tergantung juga dari banyak dan kualitas postingan dan pengujung blog kita.
  • Pengunjung blog kita tidak seramai blog dofollow.
  • Blog tidak akan setenar dofollow.

Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang : Penjelasan Backlink dan Pagerank terlengkap | Rahasia lengkap menjadi master seo.. Jangan lupa yah kritik saran nya karna itu sangat berguna. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya karena blog ini di lindungi OLEH : DCMA kita sesama blogger harus saling mendukung bukan saling menyingkirkan salam blogger.

:: Get this widget::

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar "Penjelasan Backlink dan Pagerank terlengkap | Rahasia lengkap menjadi master seo.", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

BACA SEBELUM KOMENTAR

Komentar diblog saya ini dimoderasi, silahkan berkomentar sesuai dengan materi dari artikel yang anda baca, jika ada pertanyaan atau sekedar mau menanggapi pembahasan tidak usah mencantumkan alamat blog saudara karena blog ini sudah dofollow. jika komen anda tidak muncul berarti saya anggap spam.