Mengatasi windows tidak bisa booting karena NTLDR is missing terbaru 2014

Ditulis oleh: -

SOLUSI UNTUK NTLDR IS MISSING
SOLUSI UNTUK NTLDR IS MISSING

Mengatasi Masalah NTLDR Pada Windows XP itu sepintas terdengar jadul, karena sekarang sudah memasuki generasi Windows 7 dan bahkan Windows 8 sekalipun. Akan tetapi dari segi penggunaan, masih cukup banyak kalangan pengguna OS keluaran Microsoft ini yang masih menggunakan Windows XP yang dikarenakan Windows XP ini sangat user friendly. Tetapi, Windosw XP juga kerap mengalami masalah, contohnya “NTLDR is missing” ini adalah salah satu permasalahan umum pada Windows XP sesuai dengan message yang tertulis pada layar monitor saat kita menghidupkan PC nya Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan secara detail tentang masalah dan solusi ntdr is missing.

NTLDR is missing press Ctrl Alt Del to restart. Inilah pesan yang muncul saat terjadi kesalahan sehingga windows tidak bisa booting dan log on. Pesan serupa yang lain adalah NTLDR is missing press any key to restart, atau Couldn't find NTLDR Please insert another disk. Jika pesan tersebut muncul pada saat booting, bisa dipastikan tidak akan bisa masuk ke windows, bahkan ke safemode sekalipun.

Beberapa Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah NTLDR is missing press any key to restart :
  1. Komputer booting tidak menggunakan bootable disk Saat booting windows mengakses device yang berisi bootable disk. seperti harddisk yang berisi system operasi windows, cd bootable atau removable disk yang bootable. Karena yang diakses bukan bootable disk, maka bisa berakibat windows tidak bisa booting ditandai dengan pesan seperti diatas.

  2. Pengaturan boot device di BIOS / CMOS tidak mengarah pada harddisk Masih berhubungan dengan nomor diatas, atur ulang pengaturan booting BIOS/CMOS computer dengan setting firstboot device pada harddisk yang terdapat system operasi windowsnya.

  3. Terdapat masalah pada usb keyboard

  4. Kabel IDE atau SATA harddisk tidak tepat atau longgar Cek kabel Sata maupun IDE, jika longgar lepaskan kemudian pasang kembali dengan benar dan tepat, atau ganti kabelnya.

  5. File NTLDR dan atau NTDETECT.COM tercorrupt Permasalahan ini terjadi karena ada salah satu bagian dari windows yang terhapus yaitu file NTLDR, baik sengaja maupun tidak disengaja, hilangnya komponen Windows ini juga biasa disebabkan karena virus yang menginfeksi file tersebut, sehingga saat terdetect oleh antivirus, filenya terhapus. Dalam keadaan tersebut tidak terjadi apa-apa pada Windowsnya, tapi setelah system di shutdown atau restart, maka akan tampil pesan seperti gambar dibawah. Solusi yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara menginstal ulang sistem operasi. Atau jika anda ingin program-program aplikasi tidak ikut terbuang, maka anda dapat melakukan repair sistem operasi saja.
NTLDR is missing CTRL+Alt+Del to restart seperti pada gambar di bawah ini :
Gambar NTLDR is missing CTRL+Alt+Del to restart
Gambar NTLDR is missing CTRL+Alt+Del to restart

LANGKAH-LANGKAH PADA PERMASALAHAN POINT KE 5 YAITU :
  • 1. Masuk ke konfigurasi BIOSnya, dan aturlah urutan bootingnya sesuai dengan saat kita menginstal OS seperti yang tampil pada gambar di bawah ini. Dan setelah itu lanjutkan dengan cara menginstall Windows XP seperti biasa, Untuk lebih detail nya perhatikan gambar di bawah ini :
Gambar konfigurasi BIOS windows xp
Gambar konfigurasi BIOS windows xp
Gambar konfigurasi BIOS windows xp lanjutan
Gambar konfigurasi BIOS windows xp lanjutan
  • 2. Setelah muncul layar awal Welcome to Setup Windows Xp, muncul 3 perintah pilihan Dimana :

    A. Enter –> Install Ulang Windows XP
    B. R –> Repair / Memperbaiki Windows XP nya apabila terjadi error atau lain sebagainya.
    C. F3 –> keluar proses installasi


    Nah disini kita harus memilih langkah yang simple, jangan di install ulang, tetapi cukup di repair aja. Dan pilihlah option diatas dengan menekan tombol R.
    Untuk
    lebih detail nya perhatikan gambar di bawah ini :
Pilih repair dengan menekan tombol R
Pilih repair dengan menekan tombol R

  • 3. Setelah menekan tombol R, maka akan tampil Repair Windows XP dengan tampilan Console (Command Prompt). Langkah awalnya adalah tekan tombol 1 kemudian ikuti dengan menekan tombol Enter. Kemudian Windows akan meminta password Administrator dari pada Windows Xpnya. Jika anda tidak ada pasport nya, kosongkan saja. Untuk lebih detail nya perhatikan gambar di bawah ini :
tampilan repair Console (Command Prompt)
tampilan repair Console (Command Prompt)
  • Cek lah di masing-masing drive yang terbaca pada system di komputernya. C, D, atau E. Nah untuk system yang saya pakai, Optical Drive yang berisi kaset Installasi Windows XP nya ada pada drive E. Untuk lebih detail nya perhatikan gambar di bawah ini :
cek drive anda
cek drive anda
  • Kemudian copy file NTDLR yang ada pada CD Windows XP nya dan tepatnya di folder i386 ke drive C: , dan file ntdetect.com pada lokasi yang sama. Dengan mengetikkan perintah seperti pada gambar di bawah ini. Setelah kedua file tersebut tercopy, maka ketikkan perintah exit untuk keluar dari proses repair tersebut. Selamat mencoba.
folder i386 ke drive C
folder i386 ke drive C
Hasil nya dari penyelesayan ntldr is missing
Hasil nya dari penyelesayan ntldr is missing

Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang : Mengatasi windows tidak bisa booting karena NTLDR is missing terbaru 2014. Jangan lupa yah kritik saran nya karna itu sangat berguna. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya karena blog ini di lindungi OLEH : DCMA kita sesama blogger harus saling mendukung bukan saling menyingkirkan salam blogger.

:: Get this widget::

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar "Mengatasi windows tidak bisa booting karena NTLDR is missing terbaru 2014", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

BACA SEBELUM KOMENTAR

Komentar diblog saya ini dimoderasi, silahkan berkomentar sesuai dengan materi dari artikel yang anda baca, jika ada pertanyaan atau sekedar mau menanggapi pembahasan tidak usah mencantumkan alamat blog saudara karena blog ini sudah dofollow. jika komen anda tidak muncul berarti saya anggap spam.