Lereng Gunung Slamet Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Kelud | BERITA TERKINI.


Gambar gunung selamet
Gambar gunung selamet

BERITA TERKINI - Tanaman sayuran di lereng Gunung Slamet, Desa Serang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, tertutup abu vulkanik letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur.

"Daun-daun tanaman sayuran saat ini berwarna putih akibat tertutup abu vulkanik. Saat ini, dampaknya memang belum kelihatan," kata Kepala Desa Serang, Sugito, di Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jumat (14/2).

Akan tetapi jika guyuran hujan abu terus terjadi, kata dia, akan berdampak pada tanaman karena daun merupakan tempat untuk melakukan fotosintesis (memasak makanan, red.). "Proses fotosintesis akan terhambat jika daunnya tertutup abu, sehingga pertumbuhan tanaman akan terganggu," kata dia menegaskan.

Ia memperkirakan tanaman sayuran akan semakin tertutup abu karena cuaca masih tampak mendung namun tidak ada hujan air, sehingga kemungkinan hujan abu masih akan turun hingga sore hari. Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa tanaman sayuran yang tertutup abu vulkanik di antaranya cabai, kobis atau kol, kentang, dan wortel.

Menurut dia, saat ini sebenarnya ada petani cabai yang memasuki masa panen. Akan tetapi, kata dia, petani untuk sementara menghentikan aktivitas memanen cabai hingga hujan abu reda. "Cabai yang dipanen tentunya harus dicuci dengan air karena tertutup abu," katanya.

Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang : Lereng Gunung Slamet Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Kelud | BERITA TERKINI.. Jangan lupa yah kritik saran nya karna itu sangat berguna. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya karena blog ini di lindungi OLEH : DCMA kita sesama blogger harus saling mendukung bukan saling menyingkirkan salam blogger.

:: Get this widget::

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar "Lereng Gunung Slamet Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Kelud | BERITA TERKINI.", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

BACA SEBELUM KOMENTAR

Komentar diblog saya ini dimoderasi, silahkan berkomentar sesuai dengan materi dari artikel yang anda baca, jika ada pertanyaan atau sekedar mau menanggapi pembahasan tidak usah mencantumkan alamat blog saudara karena blog ini sudah dofollow. jika komen anda tidak muncul berarti saya anggap spam.