Gerhana Bulan Total Dapat Diamati 15 April 2014 di Indonesia

Ditulis oleh: -

Gambar Gerhana Bulan Total 15 April 2014
Gambar Gerhana Bulan Total 15 April 2014

BERITA TERKINI - Gerhana Bulan Total 15 April 2014 bakal terjadi besok di sejumlah wilayah di tanah air. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan jika Gerhana bulan total tersebut dapat diamati dari beberapa wilayah Indonesia kecuali Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, dan Sumatera.

Menukil Wikipedia, Gerhana Bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Sehingga, Bumi berada diantara Matahari dan Bulan di satu garis lurus yang sama. Alhasil, sinar Matahari tidak bisa mencapai Bulan karena terhalang oleh Bumi.

Andi Eka Sakya mengatakan jika wilayah Indonesia hanya bisa mengamati Gerhana Bulan pada bagian akhir proses. Menurut Kepala BMKG itu Gerhana Bulan juga bisa diamati di sejumlah wilayah belahan dunia lain mulai Afrika bagian barat, Eropa bagian barat dan Samudera Atlantik saat bulan sedang terbenam.

Pada tahun 2014 ini diperkirakan ada empat kali fenomena alam Gerhana yakni Gerhana Bulan Total pada 15 April esok, Gerhana Matahari Cincin pada 29 April, Gerhana Bulan Total pada 8 Oktober, dan Gerhana Matahari Sebagian pada 23 Oktober.

Sementara itu proses Gerhana Bulan tidak bisa diamati dari sejumlah wilayah Asia, Afrika bagian timur, dan Eropa bagian timur. Ini berarti beruntung bagi kita di wilayah Indonesia yang mendapati kesempatan menikmati proses Gerhana Bulan meski hanya pada bagian akhirnya saja.

SUMBER DARI : SIDOMI.COM

Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang : Gerhana Bulan Total Dapat Diamati 15 April 2014 di Indonesia. Jangan lupa yah kritik saran nya karna itu sangat berguna. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya karena blog ini di lindungi OLEH : DCMA kita sesama blogger harus saling mendukung bukan saling menyingkirkan salam blogger.

:: Get this widget::

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar "Gerhana Bulan Total Dapat Diamati 15 April 2014 di Indonesia", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

BACA SEBELUM KOMENTAR

Komentar diblog saya ini dimoderasi, silahkan berkomentar sesuai dengan materi dari artikel yang anda baca, jika ada pertanyaan atau sekedar mau menanggapi pembahasan tidak usah mencantumkan alamat blog saudara karena blog ini sudah dofollow. jika komen anda tidak muncul berarti saya anggap spam.