Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage Pada Blog | Rahasia lengkap menjadi master seo.


Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage Pada Blog
Bagaimana Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage Pada Blog
Rahasia lengkap menjadi master seo - Saya hari ini mencoba menjawab pertanyaan teman-teman yang bertanya " OPTIMASI SEO ONPAGE UNTUK BLOG, Cara Pasang Image Alt Tag Pada Blog - Optimasi SEO Onpage, CARA OPTIMASI SEO ONPAGE SUATU BLOG, Cara Optimasi SEO On Page, Tips Cara Optimasi SEO On-page Blog WordPress Bagi Pemula, Tips Optimasi Seo On Page untuk Blogspot, Optimasi Seo On Page pada isi Blog," Ini Dia Cara Optimasi SEO On Page Yang Benar.

Ilustrasi dan Fungsi SEO On Page...!!!

SEO On Page bisa dikatakan sebuah pondasi sebuah website, semakin bagus setting seo on page pada sebuah website pondasi itu akan semakin kuat. Mesin pencarian seperti google memiliki teknologi robot yang menyusupi ke semua website, dan robot tersebut biasanya mengambil data-data yang ada pada sebuah website itu untuk ditampilkan dalam mesin pencarian. Data tersebut meliputi title, description, keyword dan data lainya. Jadi sebelum google robot menjelajah website kita, kita harus menyediakan informasi tersebut yang kiranya diperlukan google untuk mempromosikan website kita pada mesin pencarian.

Proses google robot yang secara rutin mengambil data di website tersebut yang bisa  kita manfaatkan dengan strategi seo on page yang sesuai algoritma google yang ditetapkan. Algoritma google selalu berubah tetapi paling tidak intinya google sangat menyukai fresh content dan cara optimasi yang benar (white seo) dalam artian tidak curang (black seo). Pada optimasi seo on page juga tidak semuanya sama, semua itu disesuaikan dengan bahasan yang ada diwebsite, apakah itu website tentang gambar seperti wallpaper/foto maupaun tentang sebuah diskripsi/artikel.


Seberapa Penting SEO On Page...!!!

Sekarang muncul pertanyaan apa sih manfaat SEO On Page? dan seberapa penting SEO On Page?. Berdasarkan ilustrasi yang dijelaskan diatas sebenarnya sudah sedikit terjawab, bahwa manfaat SEO On Page adalah sebagai pondasi sebuah website agar kuat dalam persaingan pada mesin pencarian, untuk masalah penting atau tidak, saya katakan sangat penting karena apa artinya sebuah website jika jarang dibuka oleh orang dan tidak muncul pada halaman depan mesin pencarian, semuanya akan sia-sia tetapi semua itu bisa diatasi dengan optimasi seo on page.

Untuk melakukan optimasi on page seo sebaiknya pada awal pembuatan website sebelum dipublish karena setelah itu kita akan memposting sebuah content dan akan seterusnya seperti itu, jika dilakukan pada saat website sudah berjalan lama itu bisa menimbulkan masalah seperti url error maupun masalah-masalah lainya.


Atribut Dalam Optimasi SEO Onpage...!!!

Perhatikan berikut ini adalah atribut optimasi onpage yang umumnya digunakan :
  • Title tag
  • Meta Description
  • URL
  • Judul Halaman <h1>
  • Judul Artikel <h2>
  • Sub Judul Dalam Artikel <h3>
  • Cetak tebal/miring <b> atau <i>
  • Jika ada gambar, maka harus ada atribut alt.
Sekarang pahami ini. Jika suatu kata tidak mengenakan satupun atribut di atas, maka kata itu tidak penting. Jika suatu kata mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu pastilah penting. Jika suatu kata muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata itulah yang paling penting di halaman itu. Ibaratnya di lapangan upacara orang ini adalah jenderal besar dengan begitu banyak pangkat melekat di bajunya.

Jadi saya akan coba membahas masalah onpage ini untuk kedua bagian di atas. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara nilai onpagenya.... Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber dari halaman web tersebut.
Bagaimana bisa di pahami yang ini. oke lanjut ketahap berikut nya kita kupas secara detail tentang poin atribut di atas :

A. POIN SEO ONPAGE TERTINGGI <head> ADA DI TITLE TAG.

Ini hanya ada di bagian <head>, dan kodenya adalah :

<title>Isi dari title tag</title>

Yang terpenting adalah apa saja yang bisa saudara isikan pada title tag ini. Harap hati-hati dalam mengisi title tag, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut onpage yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya.

Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu saudara ketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah :
  • JUDUL ARTIKEL SAJA, atau
  • JUDUL ARTIKEL - NAMA BLOG ANDA
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG ANDA - JUDUL ARTIKEL Kecuali blog saudara sudah punya reputasi selangit, mau bagaimana saja terserah anda.

B. META DESCRIPTION

Ini adalah satu-satunya meta yang menjadi fokus saya (meta robots hanya pada kasus duplikat konten saja). Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :
  • Panjangnya maksimal 150 karakter.
  • Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
  • Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
Kalau saudara bingung masalah title tag dan meta description, dalam penerapannya di blogspot, bisa baca artikel cara memasang title tag dan meta description. Sekali lagi, ini memegang poin tertinggi di <head> jadi jangan lewatkan optimasi onpage yang satu ini.

C. URL.

URL yang baik itu seharusnya berisikan : domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Sebagai contohnya adalah seperti di bawah ini :

http://berbagi-ilmu-terlengkap.blogspot.com/2013/12/cara-pasang-meta-description-title-tag.html

Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang tidak jelas seperti di bawah ini :

http://lengkapabisblogspot.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988

URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.

D. POIN TINGGI OPTIMASI ONPAGE PADA <body> ADA DI JUDUL HALAMAN <h1>.

Judul halaman sudah barang tentu diupayakan mengandung kata kunci yang saudara targetkan, karena bagaimana pun <h1> haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman.

E. JUDUL ARTIKEL <h2>. 

Judul artikel kita beri tag h2. Pernah ada yang bertanya apakah nilai onpage tidak berlebih jika judul artikel sama dengan judul halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2. Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.

F. SUB JUDUL DALAM ARTIKEL <h3>.  

Ini  bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari pembahasan saudara.

G. CETAK TEBAL/MIRING.

Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut.

H. ALT TAG. 
  • Fungsi Tag Alt : Perlu Anda ingat, mesin pencari tak bisa membaca gambar. Yang mereka baca adalah judul gambar dan tag alt sangat membant gambar kita di temukan pada mesin pencari. Beberapa orang yang akses lewat hp dan 'mungkin' untuk kecepatan akses mereka menghilangkan gambar. Ketika mereka mencari gambar hanyalah list-list tulisan dan alt tag sangat berguna disini. Buat deskripsi singkat dengan alt tag, jangan terlalu panjang tetapi mewakili gambar.
  • Seberapa Pentingkah Buat Blog : Sangat penting. Coba Anda cari gambar di google, di bawah setiap image terdapat sumber image, yaitu situs yang menampilkan image tersebut. Ketika Anda cocok, Anda akan klik dua kali untuk melihat ukuran sebenarnya. Nah, pada tahap pertama setelah klik maka akan muncul jendela blog penampil gambarnya kan.  Coba bayangkan, bukankah ini sebuah promosi. Sambil menyelam minum air. Percuma jika kita upload dan kita tidak sekalian promosi dan memberi kemungkinan 'lebih besar' pada google untuk menemukan gambar kita.


Tips dan Trik SEO On Page...!!!

A. PERMALINK. 

Sebuah permalink atau permanen link adalah URL yang menunjuk ke suatu blog atau forum tertentu masuk setelah berlalu dari halaman depan ke arsip. Karena Permalink tetap tidak berubah tanpa batas waktu, itu kurang rentan terhadap link membusuk. Weblogging paling modern dan konten-sistem perangkat lunak sindikasi mendukung link tersebut.

Jenis website lain menggunakan istilah link permanen, tetapi istilah permalink yang paling umum dalam blogosphere. Permalink adalah kata portmanteau terbuat dari link permanen. Permalinks sering hanya dinyatakan sehingga dapat terbaca-manusia.

Pertama yang harus kita lakukan adalah mensetting permalink dengan baik, pada dasarnya jika seseorang melakukan pencarian pada mesin pencarian, google mengutamakan keyword on domain atau url yang ada, setelah itu title atau judul, jika keduanya tidak ada bisa dicarikan pada diskripsi. Kenapa kita harus mensetting permalink yang ada? Karena pada dasarnya permalink atau url default yang ada belum bagus dan masih tidak berturan, seperti  :

http://www.domainname.com/?p=123,

Jika kita lihat pada url belum teratur dan tidak mengandung unsur yang ada pada title sebuah post yang kita buat, itu sangat buruk sekali lebih baik kita ganti menjadi :

http://www.domainname.com/posttitle  atau
http://www.domainname.com/category/posttitle,


Sesuai dengan selera anda masing-masing. Kita lihat disana setelah nama domain terdapat post title atau category, jadi jika keyword yang dicari oleh seseorang itu ada pada salah satu diantaranya google akan merekomendasikan website kita terlebih dahulu.

B. PLUGIN. 

Bicara soal Plugin banyak definisi yang di maksudkan dengan plugin itu sendiri, plugin merupakan suatu hal yang harus dan wajib di ketahui bagi seorang web master karena akan sering menemukan dan mengamalkan plugin pada blog-blog miliknya, dan juga banyak orang awam atau ga ngerti tentang apa itu plugin.

Plugin juga adalah Aplikasi berukuran kecil yang ditanam ke dalam aplikasi lain yang lebih besar, yang bertujuan untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi induknya.

Plugin Menurut WordPress : yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar, bisa di sebut juga sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog wordpress, yang dapat digabungkan dengan blog menggunakan akses poin dan metode yang disediakan oleh wordpress.

Salah satu kelebihan menggunakan website dengan cms wordpress adalah adanya fasilitas plugin. Ini sangat penting dan akan sangat memudahkan kita karena semua cara yang kita butuhkan untuk optimasi sebuah website sudah disediakan oleh developer pembuat plugin tersebut dan kita tinggal menginstalnya saja untuk menggunakan. Beberapa plugin penting untuk mendukung SEO diantaranya :
  • Heandspace2, ini merupakan plugin seo manager yang mendukung dalam settingan meta description pada sebuah website. Di dalam setting Headspace2 anda tinggal memasang label yang sesuai, bisa ditempatkan pada title, description, dan keywords. Sebenarnya untuk plugin SEO ada yang lebih bagus lagi seperti All in One SEO Pack.
  • All in One SEO Pack, seperti yang sudah saya sebutkan ini merupakan plugin management seo yang populer dan salah satu yang terbaik. Plugin ini dapat membatu dalam menambahkan meta tags, uraian meta, keywords dan uraian robot.
  • SEO Friendly Image, ini salah satu plugin yang cukup baik untuk optimasi SEO pada gambar. Jika anda membuat website yang berisikan tentang wallpaper plugin ini wajib anda pasang, plugin ini berfungsi untuk memberigan alternate text dan title gambar yang tepat, alternate text atau yang sering disebut ALT itu bisa dikatakan sebagai keyword pada gambar.
  • Google XML Sitemap, adalah plugin yang berfungsi untuk membantu pengindeksan website pada mesin pencarian seperti google, yahoo, bing, dan lainya. Yang lebih hebatnya lagi plugin ini dapat menentukan frekuensi mesin pencarian mengunjungi website kita, bisa setiap 1 jam, 1 hari dan seterusnya.
  • Dagon Design Sitemap Generator, cara kerja plugin ini adalah membuat peta situs yang berbentuk XML, sehingga akan memudahkan mesin pencari untuk mengindeks blog kita. Lebih menariknya lagi peta situs itu dapat di tampilkan pada halaman lain yang nantinya berbentuk seperti daftar isi.
Beberapa plugin diatas bekerja berdasarkan fungsinya masing-masing, dengan memasang plugin tersebut dapat membantu kita dalam menguatkan pondasi on page seo website yang kita buat.

C. GOOGLE WEBMASTER TOOL. 

Google Webmaster Tools, ini merupakan layanan yang disediakan google dan berfungsi untuk memanagement website kita, yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan website kita dan melakukan verifikasi, dengan begitu kita mengkonfirmasi bahwa website itu adalah milik kita. Di dalam Google webmaster tools terdapat layanan untuk monitoring kinerja website kita, apakah ada yang error, link yang rusak dan sebagainya. Selain itu kita juga dapat melihat traffic yang ada, serta keyword mana yang paling efektif.

D. CONTENT QUALITY.

Seperti yang saya jelaskan di atas hal ini sebenarnya yang menjadi masalah pokok. Teknologi terbaru yang diciptakan google salah satunya untuk mendeteksi bahwa konten kita bagus apa tidak, murni atau tidak, dan original atau tidak. Google sangat tidak mensukai website yang isinya hanya copy paste dan menjiplak milik orang lain.  Kemunculan Google Panda dan Penguin adalah untuk memberantas website-website yang memiliki low quality dan menaikan website yang benar-benar memiliki kualitas yang sangat bagus (Height Quality). Jika kita bertindak curang dengan membuat konten yang tidak fresh cepat atau lambat google akan mengetahuinya dan jika sudah seperti itu website kita terancam dalam mesin pencarian.

TEAMPLATE DESIGN.

Secara tidak langsung ini juga mempengarui kualitas website kita, Cari lah teample yang seo friendly, dan cepat loading nya. template design yang buruk berdampak langsung pada penilaian kuliatas website. Pada dasarnya pertama kali orang melihat website adalah tampilannya, setelah itu baru membaca isi kontentenya. Template design yang baik adalah yang simple, ringan, tidak membuat bingung pengunjung, tidak terlalu banyak iklan, dan dapat menjelaskan tema dari website tersebut. Salah satu kriterianya adalah ringan, itu juga penting karena pada dasarnya mesin pencarian tidak menyukai website yang loadingnya lambat, selain itu pengunjung juga tidak akan sabar dan langsung menutup website kita.

Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang : Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage Pada Blog | Rahasia lengkap menjadi master seo.. Jangan lupa yah kritik saran nya karna itu sangat berguna. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya karena blog ini di lindungi OLEH : DCMA kita sesama blogger harus saling mendukung bukan saling menyingkirkan salam blogger.

:: Get this widget::

6komentar:

  1. Begini mas beberapa teknik onpage seo di atas telah saya terapkan di onpage blog saya, tapi mengapa tetap saja artikel saya belum terindeks di halaman penelusuran dan apakah karena saya menggunakan tag deskripsi otomatis ? mohon penjelasannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi begini mas yuviter, setelah saya lihat blog anda, sebenar nya bukan tidak terindek, cuma dalam hal bersaing di keyword atau kata kunci blog anda blum sempurna, masih banyak hal yang harus di benahi dari blog anda, yang pertama pasang widget alexa pada blog anda, karena itu sangat lah berpengaruh bagi pringat blog anda, yang ke-2 sidebar anda ada yang kurang sempurna yaitu menu seo, kan anda bagi nah dalam hal pembagian itu ada yang salah, shinga tidak bisa di sorot mouse, yang 3, jangan lupa daftarkan blog anda ke penyimpanan di rektori, seperti, google web master, yahoo,bing, artikel saya yang membahas hal ini ada kok, cara verivikasi blog ke web master tool, dan jangan lupa untuk ping blog anda ke website yang menyediakan seperti : imtalk ping.com dan yang terahir update artikel anda secara rutin karena blog anda masih tergolong baru. maaf baru bisa ngasih saran soal nya tadi masih ada kerjaan mas...

      Hapus
  2. mas saya baru saja pasang meta description dan setelah itu saya cek di seoanalyzer meta description saya tidak keluar/tidak terdetek di seoanalizernya, yang keluar cuma keyword saja... ? mohon penjelasannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas baru bisa bales, berarti kemunkinan meta description mas itu awal nya otomatis jadi ga terdetekksi ... untuk yang otomatis mas masukin description nya jangan dari EDIT HTML tetapi di pengaturan dasboard nya aja ... cara nya masuk dasboard temple blog mas .. cari tulisan SETELAN di paling bawah sendiri tepat nya di bawah tulisan TEMPLATE, klik SETELAN lalu pilih PREFENSI PENELUSURAN, dan di situ ada tulisan DESKRIPSI di paling atas, pilih akktifkan dan masukan deskrepsi blog mas. minimal 150 karakter, jika sudah klik simpan ... habis itu mas cek aja lagi di seoanalizer.... jika ada yang blum paham tanya aja mas .. saya kalau tidak sibuk selalu di blog ko.... makasih mas sudah mau mampir ....

      Hapus
  3. Mas blog saya wbshare.blogspot.com kok masih aja seo nya 87% di chkme,,caranya agar 100% gimana ya?
    o ya saya mau tanya cara buat backlink itu gimana ya?saya udah berkomentar terus menerus di blog dofollow dan memasang widget backlink tapi saya cek kok backlink nya masih sedikit dan ga tambah2 ??

    mhon bantuannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas wahid aga telat ya dikit, setelah saya coba cek blog mas ternyata meta deskripsi mas perlu di perbaiki ya saya kasih sedikit tambahan tentang meta deskripsi nya : blog tentang berbagai Share Ilmu, Video, Shoftware, dan dengan tips trik ampuh nya juga. terus meta keyword nya juga di tambah mas itu masih terlalu sedikit coba mas liat saja meta keyword saya di chkme mas, trus yang ke dua buat widget witri mas menjadi h4 jangan h2, itu membuat pembukaan blog mas jadi aga sedikit lama, karena blog beda dengan website mas kalau website sudah seo dengan sendiri nya kalau blog harus kita yang buat seo. dan yang ke tiga saya liat blog mas masih baru harus banyak2 submif kedirektori, seperti google web master, yahoo direktory, lintasme dll dan ping ke beberapa direktori besar di google ping manual, google ping, trus imtalk submif, owh iya sedikit ralat sebenar nya bukan di liat dari alexa trafik backlink mas yang sesunguh nya tetapi dari google web master mas ... jika blum mendaftarkan blog mas ke web master segera daftarkan kkarena itu sangat penting .. makasih sudah berkunjung mas .. semoga sukses ya mas ....

      Hapus

BACA SEBELUM KOMENTAR

Komentar diblog saya ini dimoderasi, silahkan berkomentar sesuai dengan materi dari artikel yang anda baca, jika ada pertanyaan atau sekedar mau menanggapi pembahasan tidak usah mencantumkan alamat blog saudara karena blog ini sudah dofollow. jika komen anda tidak muncul berarti saya anggap spam.