tips trik tentang Panduan seo ter-lengkap - Hampir semua orang yang baru nyemplung ke dunia SEO tetapi taukah anda secara sederhana menyamakan SEO dengan mendapat peringkat #1 untuk sebuah website atau blog di Google. Tapi sesungguhnya SEO jauh lebih luas dari pada itu. dan tentang perbedaan konten seo dan bukan di blog akan kita bahas lebih rinci di bawah ini. Ada tiga langkah utama dalam proses SEO :
baca juga : MEMILIH META KATA KUCI/KEYWORD TERBAIK UNTUK BLOG ANDA
baca juga : MEMILIH META KATA KUCI/KEYWORD TERBAIK UNTUK BLOG ANDA
1. Menentukan dan mengidentifikasi
Seperti bisnis lainnya, anda harus menentukan dan mengidentifikasi target audien anda (target market). Di sini anda bukan hanya menentukan tujuan membuat website dan menggambarkan profil audien, tapi juga memantau persaingan/kompetisi dan mengevaluasi apa yang dibutuhkan agar dapat ‘mendominasi’ sektor atau niche tertentu yang anda masuki.
2. Langkah-langkah yang perlu.
Anda melakukan langkah-langkah yang perlu untuk membuat website anda mendapat ranking setinggi mungkin di mesin pencari untuk kata-kata kunci (keywords) yang sering digunakan target audien website tersebut. Langkah ini termasuk hal-hal yang anda lakukan terhadap situs itu sendiri (kalau anda membuat website baru sebaiknya pastikan bahwa situs tersebut search engine friendly sejak awal). Kemudian langkah ini juga termasuk melakukan berbagai aktivitas off-site yang bertujuan membuat website lain menaut ke situs anda.
3. Memantau perkembangan
Anda memantau perkembangan website anda di mesin pencari secara konstan atau terus menerus dan melakukan berbagai penyesuaian atas strategi SEO pada saat dibutuhkan. Perlu dicatat bahwa SEO bukanlah aktivitas online yang ditujukan untuk menghasilkan traffic/pengunjung (atau mempromosikan) website anda. Aneh dengan pernyataan ini? Coba pahami lagi.
LALU APA YANG BUKAN S.E.O ???
1. Iklan online
Iklan online (online advertising), yaitu membeli promosi untuk mendapat traffic dari situs lain BUKAN SEO. Ini adalah promosi situs (site promotion) meskipun link promosi yang dibeli bisa saja membantu ranking di mesin pencari.
2. Public relation
Public relation (press release, iklan pada media masa, review dari blog) BUKAN SEO. Sekali lagi ini adalah promosi situs, yang mungkin bisa menghasilkan tautan ke situs anda.
3. search engine spamming
Membuat website yang mengeksploitasi kelemahan pada algoritma mesin pencari dengan tujuan mendapat peringkat #1 untuk kata kunci terpilih dalam waktu yang singkat BUKAN SEO. Ini adalah search engine spamming, yang tidak akan saya bahas lebih lanjut.
4. E-book
Membuat buku dan e-book dan memberikannya secara gratis ke pengunjung situs anda BUKAN SEO.
Namun sebagian besar dari aktivitas-aktivitas yang BUKAN SEO di atas BISA menjadi bagian strategi SEO bila anda ingin melakukannya dengan cara demikian. Jangan lupa bahwa SEO itu sendiri biasanya adalah salah satu bagian dari strategi yang lebih besar untuk mempromosikan situs anda. Pisahkan dan pahami lagi aktivitas promosi lainnya dari aktivitas SEO kalau anda memang profesional.